Rabu, 11 Desember 2013

Studi: Di Usia Ini, Pria Kian Gandrung Bersolek

Dunia kecantikan kini bukan hanya didominasi wanita. Pria, tak lagi canggung menggunakan produk perawatan kulit dan merias diri. Beberapa di antara mereka bahkan nyaman memanjakan diri di salon atau spa.
Diduga, ikon selebriti pria seperti Ryan Gosling, David Beckham, dan Brad Pitt menjadi panutan mereka. Paradigma bahwa sosok populer adalah yang terawat, membuat pria tertuntut untuk peduli pada penampilan.
Uniknya, menurut penelitian terbaru, pria berusia 30-an paling banyak memakai produk kecantikan dibanding kelompok usia lainnya. Di usia itu, pria tiga kali lebih memilih membeli produk anti penuaan dan perawatan di spa atau salon ketimbang pergi ke pusat kebugaran.
Pria metroseksual di kelompok usia 30-an rela menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli produk kecantikan. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dari gabungan pria usia 20 dan 50-an.
Untuk meyakinkan soal itu, Debenhams melakukan survei kepada seribu pria berusia 30 tahun. Rata-rata mereka mengakui, bisa menghabiskan uang lebih dari £100 atau sekitar Rp2 juta per bulan untuk bersolek.
Produk yang lebih banyak dibeli: krim mata, pelembab, dan kunjungan ke spa. Jumlah uang yang dikeluarkan itu tiga kali lebih banyak daripada biaya keanggotaan klub kebugaran kelas standar.
Sementara itu, pria di usia 20-19 tahun rata-rata hanya menghabiskan biaya Rp680 ribu untuk membeli produk perawatan tubuh. Pria usia 40-an mengeluarkan biaya Rp1,3 juta, dan pria di atas 50 tahun, menghabiskan Rp800 ribu per bulan.
Survei yang sama juga mengungkapkan, pria di usia 30-an bersedia membayar hingga Rp900 ribu hanya untuk satu produk pelembab dan Rp700 ribu untuk krim mata.
Mereka lebih tertarik membeli produk perawatan jika bintang iklan atau brand ambassador-nya David Beckham. Mantan pesepakbola berusia 38 tahun itu punya pengaruh paling tinggi dibanding selebriti pria lainnya.
Juru bicara Debenhams menuturkan, survei yang dilakukannya juga menunjukkan tren peningkatan penjualan produk perawatan pria dari tahun ke tahun. Peningkatan itu seiring dengan usia pria.

“Saat remaja, perawatan hanya butuh air dan sabun. Di usia 20-an, Anda mulai membeli alat cukur. Memasuki usia 30, pria lebih mementingkan produk yang bisa memelihara kesehatan kulit dan mencegah kerusakan. Uang tidak jadi masalah,” ujarnya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar